Jumat, 17 Agustus 2012

Semangat Berjuang Pebisnis

DI tahun 1930-an, di Amerika, seorang pebisnis muda sedang tenggelam dalam hutang dan merasa tidak ada jalan keluar baginya untuk keluar dari masalah itu. Para debt collector tiada henti mencarinya, dan para pemasok barangpun menuntut pembayaran secepatnya ... merasa tertekan, diapun memutuskan untuk merenung di taman ... duduk di bangku taman, dengan tangan memegangi kepala, diapun mulai bertanya-tanya "siapakah atau cara apakah yang mampu menyelamatkan perusahaannya dari kebangkrutan ini?"

Seorang kakek tua, berjas hitam, dan memakai topi menyapanya .. dan meminta ijin untuk duduk sebangku dengannya ... sesaat kemudian, sang kakek tua berkata "Saya dapat melihat bahwa ada sesuatu yang sangat mengganggu anda"

Setelah mendengarkan curhat kesengsaraan sang pebisnis, kakek tua itu menghela nafas panjang dan berkata "Saya sangat yakin dapat membantu anda keluar dari keengsaraan anda." ... kemudian kakek itu bertanya "Siapakah nama lengkapmu, nak?"

Sang kakek tua itupun menulis selembar cheque .. menandatanganinya ..dan menyerahkannya pada sang pebisnis muda sembari berkata, "Cairkan cheque ini, dan pakailah menyelamatkan bisnismu .. temui aku di sini tepat satu tahun dari hari ini .. saya yakin anda dapat membayar kembali pada waktu itu."

Segera kakek tua itu berdiri dan berjalan cepat meninggalkan sang pebisnis muda yang masih terkesima dengan kebaikan sang kakek tua ...sampai-sampai dia tidak sempat mengatakan terima kasih ... dipandanginya cheque yanga da di tangannya .. bernilai US$ 500.000 .. dan ditandatangani oelh John D. Rockefeller, salah satu pebisnis terkaya di dunia asal Amerika saat itu ..

Bagai disambar halilintar di siang bolong .. semuanya berubah dalam sekejap .. diapun berteriak "Aku bisa bebas dari segala kekahawatiranku sekarang!" ... Alih-alih menguangkan lembaran check US$ 500.000 itu, dia malah menyimpannya di dalam brankas-nya ... menyadari bahwa dia punya selembar cheque yang sangat berharga, yang memberinya kesempatan untuk memakainya sewaktu-waktu saja telah mampu memberikannya kembali kekuatan dan semangat untuk bangkit, maka diapun memulai kembali semuanya dari awal ..

Dengan rasa percaya diri dan optimisme baru .. iapun mulai menegosiasikan ulang kesepakatan denganpara pemasok dan para debt collector .. diapun berhasil mendapatkan kesepakatan perpanjangan waktu pembayaran .. dan beberapa penjualan besarpun berhasil didapatkannya dalam waktu tidak lama .. beberapa bulan kemudian, diapun sudah bebas dari hutang-hutangnya dan mulai menghasilkan banyak uang kembali .. bahkan melebihi saat-saat dia berjaya sebelumnya.

Satu tahunpun berlalu .. menepati janjinya, diapun kembali ke taman dengan selembar cheque yang tidak pernah diuangkannya .. seperti janjinya juga, sang kakek tua muncul dan menyapanya .. dengan penuh semangat, sang pebisnis muda menjabat tangan beliau .. dan mempersilahkannya duduk di bangku taman itu ... diapun ingin segera mengembalikan cheque itu dan menceritakan apa yang terjadi selama setahun terakhir .. sebuah keajaiban dalam hidupnya ... Tiba-tiba, seorang perawat datang berlari dan memegang tangan si kakek tua ... "Syukurlah, anda menangkap kakek ini" .. sang kakek tuapun menangis ... "Saya berharap dia belum mengganggu anda" kata sang perawat sambil tetap memegang erat tangan si kakek tua ... "Dia selalu melarikan diri dari panti jompo dan mengaku-ngaku bahwa dia adalah John D. Rockefeller .. maafkan dia, ya Pak" lanjut si perawat itu sembari menarik si kakek tua pergi meninggalkannya tertegun di bangku taman itu.

Diapun berdiri .. mentertawakan dirinya sendiri .. sepanjang tahun dia sudah berjuang keras dan bernegosiasi kesana kemari .. berdagang .. dan sangat yakin ia memiliki setengah juta dollar Amerika di brankasnya ... tiba-tiba, ia menyadari bahwa semua itu bukan uang, nyata atau ilusi, yang telah mengubah hidupnya 180 derajat ... Itulah penemuan kembali kepercayaan dirinya, yang memberinya kekuatan untuk mencapai apa saja yang ia bayangkan.
Sumber : dari my leader Putu Eka Suryawan (Thanks pak putu inspirasinya ...salam dasyat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar