Selasa, 03 Juli 2012

Bikin Kerja, Jangan Cari Kerja

Tanyalah kepada mahasiswa-mahasiswa, akademis-akademis dan pelajar-pelajar yang sedang duduk dibangku kuliah dan dibangku sekolah. Apakah rencana anda setelah tamat ? Rata-rata jawabnya adalah mencari pekerjaan. Sebahagian berkhayal supaya dapat bekerja dikantor Pajak, Bea Cukai, Bank dan yang dikiranya banyak uang dan banyak kesempatan untuk banyak mendapat uang. Pikiran yang begitu adalah tidak benar. Sebahagian berpikir biasa dan normal. Ia akan bekerja sesuai dengan ijasah dan pendidikannya.Ini benar. Tidak salah. Tetapi mencari pekerjaan yang sesuai dengan ijasah atau diploma adalah sulit. Apalagi bila kita mempunyai ijasah atau pendidikan tanggung.
Sebagian lagi berpikir sederhana. Saya akan bekerja apa saja asal mendatangkan uang dan menghasilkan uang. asal halal, tidak harus dipemerintahan. Kalau perlu diswasta, dan bila mungkin aku berusaha sendiri. demikian pula pikirnya.
Yang terakhir ini adalah yang paling sedikit jumlahnya. Padahal merekalah calon-calon pekerja yang baik. Merekalah yang sudah berpikir maju. Merekalah manusia-manusia pembangun yang sejati. Dan mereka inilah yang patut didorong dan dibantu usahanya. Karena secara langsung mereka tidak memperebutkan tempat bekerja atau pekerjaan yang tersedia. Secara tidak langsung mereka nanti akan menerima pekerja-pekerja (pengangguran) tidak mencari pekerja.
Sebenarnyalah penerima-penerima pekerja tidak membutuhkan ijasah atau diploma yang bertumpuk. Kantor-kantor, perusahaan-perusahaan, pabrik-pabrik dan usaha apa saja. Yang mereka butuhkan adalah keahlian dan ketrampilan bekerja. Dedikasi terhadap pekerjaan. Yang mereka butuhkan adalah orang-orang yang cekatan bekerja dan produktif, serta menghasilkan. Yang mana hasil atau produksi yang dihasilkan pekerja itu mendatangkan keuntungan kepada pemilik perusahaan. Yang kemudian perusahaan membagi sebagian kecil keuntungan tersebut berupa gaji atau upah.
Nah ! Bila anda seorang yang berijasah dan menguasai bidang anda, atau anda hanya seorang yang berpendidikan tanggung, atau anda hanya seorang yang berpendidikan rendah sekalipun. Tapi anda mempunyai keahlian atau kemampuan yang anda terapkan sendiri. Bukankah lebih baik anda membuat kerja ? menciptakan kerja ? Dan kerja akan menghasilkan uang.
Di Amerika atau di Eropa, tamatan-tamatan sekolah atau keluaran-keluaran Universitas, sedikit sekali yang mencari pekerjaan. Kebanyakan dari mereka adalah mencipta atau membuat kerja.  Kalaupun ada yang bekerja, hanya sekedar mencari pengalaman. Dan tidak harus pada pemerintah. Kebanyakan pula dari mereka, memang sudah bekerja pula sewaktu dalam masa sekolah atau kuliah. Jadi kelihatan bahwa Pendidikannya (Teori) seiring dengan Kerja (Praktek).
Karena mencipta atau membuat kerja adlah menghasilkan (uang). Dan anda bisa, karena cara berpikir anda yang telah berubah dari mencari kerja menjadi pencipta kerja. Tentulah anda tidak lagi akan menghabiskan waktu dengan kesana kemari untuk melamar pekerjaan yang sulit didapat. Padahal bukankah dengan mencari kerja maksudnya adalah mencari uang juga ? Kalau anda sudah bisa menghasilkan uang dengan membuat kerja. Yang akan mencari kerja sekarang malah jadi terbalik. Orang lainlah yang akan mencari kerjaa dan bekerja kepada anda. Andalah sekarang yang akan menggaji orang. Andalah sekarang yang akan mengatur dan menentukan penghasilan orang.
Satu keuntungan lagi adalah dengan membuat kerja tentulah keahlian dan pengalaman anda bertambah lebih maju. Di saat itu, bila dirasa perlu juga untuk bekerja, anda akan lebih cepat diterima, Dan kemungkinan untuk menerima gaji atau penghasilan lebih tinggi. Tapi buat apa bekerja sama orang lain, apabila anda sanggup menciptakan kerja dan menghasilkan uang. Modal ? Soal Modal adalah soal kedua. Inilah kuncinya.
Karena tujuan dari bekerja adlah mencari uang. Maka anda harus mencari uang. Tidak mencari kerja, Ciptakanlah kerja dan carilah uang dengan mencipta kerja. Anda akan mendapatkan uang yang tidak terbatas dan tidak ditentukan oleh orang lain jumlahnya. MULAILAH HARI INI JUGA. Menciptakan kerja dan menghasilkan uang (banyak).
Tapi bila anda mencari pekerjaan, Anda belum tentu mendapatkannya, seminggu lagi atau sebulan lagi. Apalagi hari ini . Mungkin anda akan disuruh menunggu bulan depan atau tahun depan. Bila anda sedang mujur, mungkin anda akan mendapatkan pekerjaan hari ini atau minggu depan. Tapi uang tidak anda dapatkan hari ini atau bulan depan. Sebab pekerja harus bekerja dulu, baru gaji dibayarkan. Sedangkan anda butuh uang hari ini. Butuh biaya hari ini. Jadi jauh lebih mudah mencari uang daripada mencari pekerjaan. Dari itu carilah uang, dengan mencari uang otomatis kerja akan didapat. Begitu juga sebaliknya anda buatlah kerja. Kerja yang menghasilkan. Dan uang akan datang.
MULAILAH SEKARANG. Ya, Sekarang juga. Jangan tunggu sampai besok. Keluar rumahlah ! Anda niatkan untuk mencari uang. Anda akan mendapatkan uang dan kemungkinan besar sekaligus dengan bekerja. membuat pekerjaan. Kerja apa saja. Dan uang darimana saja. Asal Halal. Yang perlu anda mendapatkan uang hari ini, Dengan begitu anda telah mengisi kantong anda yang kosong dengan uang. Dengan adanya uang sekarang dikantong anda sudah bisa bergerak lebih bebas rasanya daripada biasanya. Anda terasa lebih hidup daripada biasanya. Karena dikantong anda ada uang. Karena anda mencari uang.
Pikiran anda akan lebih terbuka. Karena orang yang tidak punya uang dikantongnya akan berbeda cara berpikir dan cara bertindaknya dengan orang yang mempunyai uang atau modal. Sekarang mulailah usaha anda. Jalankan Ide anda. Karena anda sudah mempunyai sedikit uang. Mulailah dari kecil dulu. Tidak menjadi soal, karena modal anda baru kecil. Tapi satu kemajuan, Anda telah mencari uang dan mendapatkannya, Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan ?
Itu adalah tergantung dari kondisi masing-masing. Tergantung dari keahlian yang anda miliki, Yang penting janganlah anda memaksakan diri dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadian dan keahlian anda. Karena anda tidak bekerja dengan orang lain. Apalagi tidak sesuai dengan penghasilannya. Tidak sesuai dengan energi dan tenaga yang dikeluarkan. Tentulah itu sangat jauh dari sasaran untuk mencari uang dengan mudah tidak terbatas jumlahnya . Tapi halal, Sekali lagi halal, tidak maling, menipu dan sebagainya.
Bila anda seorang tamatan sekolah menengah teknik, Apakah tidak mungkin untuk membuka sebuah bengkel ? Bengkel Las atau bengkel apa saja yang sejalan dengan kepandaian yang anda miliki.
Seorang sarjana pertanian. apakah tidak mungkin anda pulang ke kampung atau ke desa anda. Membuka tanah pertanian dan peternakan. Meskipun anda mulai dengan sederhana dan secara kecil-kecilan dulu. Tapi harapan dan masa depannya adalah lebih baik dan lebih banyak. "Ingat Semua Yang Diatas itu adalah Dimulai Dari Bawah".
Juga umpamanya, anda seorang yang hanya tamatan sekolah rendah atau seorang tamatan sekolah dasar tau katakanlah anda seorang yang kurang pendidikannya. Tapi anda rajin membaca. Dan anda pintar mengutarakan maksud. Maka ambillah pena atau mesin ketik atau komputer jika anda punya. Menulislah dan membaca. Anda akan menjadi seorang pengarang. Bukankah dengan demikian anda sudah bekerja ? Dan tiada suatu kerja yang tiada menghasilkan. Asal saja terencana dan terarah untuk menghasilkan UANG. Ini sebagian kecil dari contoh yang ada di kehidupan kita.
Anda sekarang tentu telah dapat meraba kemana tujuan kita selanjutnya dengan membuat kerja dan menghasilkan uang. Banyak yang lain, yang anda sendiri bisa merasakan pekerjaan apa yang sesuai dan cocok yang bakal bisa dikembangkan untuk mendatangkan uang bagi anda.

E book 'Rahasia kearah sukses mencari uang' ----- Bikin Kerja, Jangan Cari Kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar