Rabu, 04 Juli 2012

Macam Usaha

 Titik berat dari program pada entri sebelumnya adalah membuat pekerjaan. Tidak mencari kerja. Membuat pekerjaan berarti mencari uang atau menciptakan penghasilan (uang). Mencari Pekerjaan juga mencari uang namun uang tidak langsung didapatkan. Sekarang marilah kita teliti dan kita layangkan pandangan kita jauh kedepan. Usaha-usaha apa yang dapat kita buat dan ciptakan supaya menghasilkan uang. Dalam jumlah yang banyak dan mudah tapi halal. Masing-masing orang tentulah tidak dapat diseret dan dipaksa dalam mengerjakan sesuatu. Mengingat bahwa kemampuan serta kecerdasan seseorang adalah berlainan.
Semua itu tergantung hobi, bakat dan keahlian. Seperti petinju Muhamad Ali umpamanya. Menjadi kaya dan jutawan karena dia seorang petinju yang berbakat. Yang mana bakat tadi menjadi hobby baginya. Bila anda berbakat dalam sesuatu pekerjaan hobbylah terhadap pekerjaan tersebut. Jadikanlah bakat atau pekerjaan tersebut menjadi hobby, sehingga anda senang dengan pekerjaan yang sedang anda lakukan dan anda hadapi. Dengan itu anda tidak akan gampang kendor semangat dan berputus asa. Anda tidak akan merasa gelisah bila datang masa-masa sulit dan cobaan. Anda akan selalu bersemangat berapi-api. Karena sudah disenangi dan menjadi hobby bagi anda. Tinggal saja sekarang pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan bakat serta keahlian anda yang bakal bisa menjadi kesenangan dan menimbulkan gairah bekerja. Banyak orang berbakat, tapi tidak menjadi hobby dan tidak menyenanginya bakat atau pekerjaan yang sedang dihadapinya. Itulah salah satu dari sebab kegagalan dan tak kunjung berhasilnya suatu pekerjaan dengan mantap. Dari itu orang seperti itu gampang terpengaruh dan goyah pendiriannya serta membuat mereka tidak betah dan bertahan pada satu pekerjaan. Inilah yang sering membuat orang berpindah-pindah pekerjaan dan usaha. Tidak adanya ketetapan dan gairah. Sebab apa ?
Karena tidak disenangi tadi, Karena ia sendiri tidak berusaha menyenangi bakat dan pekerjaan yang dihadapinya.
Contoh lain umpamanya : Anda seorang yang hobby makan bakso, Pernahkah terlintas di benak anda, untuk membuak restaurant atau warung baso ? Bakso yang enak, Bakso yang lebih terkenal dari yang biasa anda beli ? Atau anda seoranag yang senang atau suka makan bubur kacang hijau. Pernahkah terpikirkan oleh anda untuk mencari uang dengan bubur kacang hijau tersebut ? Apakah tidak mungkin anda menciptakan bubur kacang hijau yang lain dari yang sudah ada dijual orang ? apakah tidak mungkin berdagang bubur kacang hijau ini akan mendatangkan laba dan uang banyak bagi anda. Apakah tidak mungkin anda buat yang lain daripada yang lain, rasa maupun mutunya ? Dan tenarnya ? Buatlah dan Juallah Bubur Kacang Hijau dan Bakso yang melebihi dari yang telah ada dijual orang. Pakailah teknik-teknik cara mencari dan memikat langganan. Pampangkanlah merek atau paten dari usaha atau warung maupun hasil dari produksi atau dagangan anda. Supaya orang selalu ingat dan menimbulkan kesan dihatinya. Supaya bakso atau bubur kacang hijau anda jadi pembicaraan orang, rasa dan mutunya. Bikinlah, Jangan tanggung-tanggung karena anda sudah melihatnya dari luar dengan jelas kelemahan-kelemahan pedagang bubur dan bakso selama ini. Dan kelemahan-kelemahan mereka itu sudah anda rubah. Tentu anda akan berhasil dari mereka-mereka itu. Karena anda telah memulainya dengan cara lain dan luar biasa.
Tidak bakso saja dan tidak bubur kacang hijau saja. Banyak lagi usaha-usaha lain yang bisa anda dan kita semua bisa laksanakan. Dan yang akan mendatangkan keuntungan yang menakjubkan. Sedang hal-hal lain itu sangat banyak bahannya bagi anda dan bagi kita semua. Kita hanya tinggal kembangkan dan tingkatkan saja lagi. Tidak perlu mencari-cari sesuatu yang baru yang tidak kita miliki dasarnya. Sedang sesuatu yang baru itupun asing bagi kita dan mungkin juga bagi penggemar dan pembelinya. Sekarang taruhlah anda seorang yang tidak berbakat dagang. Tapi mungkin anda mempunyai bakat atau hobby yang lain. Apa saja. Tidak selalu mutlak mencari keuntungan dan uang itu dengan dagang. Misalkan anda seorang yang berbakat dibidang teknik atau mesin. Maka peluang bagi anda tentulah, membuka bengkel atau reparasi dan service mesin, radio, kipas angin dan lain sebagainya. Tidak perlu anda harus seorang yang berpendidikan tinggi. Bila anda mempunyai suatu keahlian dan berbakat maka salurkan dan bekerjalah diatas keahlian dan hobby anda. Kalau sudah demikian adanya. Tentulah sekarang anda sudah menciptakan kerja. Dan tentulah uang akan masuk dari kerja yang anda buat dan ciptakan tadi. Bukankah yang demikian lebih baik bagi anda ? Sedang anda tidak diperintah oleh orang lain atau majikan anda. Dan kepribadian anda lebih leluasa bisa berkembang. Sebagai kata pepatah, Lebih baik jadi Kepala dari Semut daripada Ekor pada Gajah.
Sedangkan semua penghasilan adalah milik dan untuk anda. Karena perusahaan adalah perusahaan anda. Jauh lebih baik bagi anda, walaupun anda memimpin perusahaan yang kecil dari pada anda menjadi anak buah yang tak masuk hitungan pada perusahaan yang besar. Karena dengan begitu anda sudah memenuhi salah satu syarat dari orang-orang yang akan menjadi jutawan. Yang mana syarat tersebut, hendaklah anda menjadi pemimpin . Karena semua kesempatan dan fasilitas menjadi kaya lebih banyak ditangan pemimpin perusahaan.
 
E book 'Rahasia kearah sukses mencari uang' ----- Macam Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar