Rabu, 25 Juli 2012

Karir atau bisnis sendiri di masa depan?


bisnis or karyawan? 



 
Sebagai lulusan SMA, Anda pun mempunyai cukup banyak pilihan untuk masa depan Anda yang lebih baik, karena banyak artikel- artikel yang mengupas tentang bagaimana lowongan kerja SMA terbuka lebar dan bagaimana lulusan SMA bisa punya karir baik, kita perlu membahas apakah di masa depan Anda akan terus menjadi karyawan atau membuka usaha sendiri atau berwirausaha.
Banyak orang yang mengira bahwa berwirausaha itu keren dan menyenangkan. Ya memang di satu sisi memang menyenangkan karena waktu kita tidak diatur oleh siapapun, dan kita adalah bos dari semua usaha kita. Kita bekerja tanpa harus diperintah ke sana ke mari, apa yang harus kita lakukan dan lain sebagainya, karena kita adalah bosnya. Tapi bagaimana keadaan yang sebenarnya dari seorang wirausahawan?
Sering kali orang yang telah mencoba menjadi wirausaha mengeluh di tengah jalan, atau menyerah di tengah jalan karena untuk menjadi seorang wirausahawan harus menjadi tangguh, tahan uji dan tahan banting, punya kreatifitas tinggi, pantang menyerah, tekun, ulet, berani mengambil resiko, dan lain sebagainya. Memang jika Anda berhasil, hasil yang akan Anda raih tidaklah main- main, hadiah yang bisa Anda dapatkan dari kerja keras Anda akan bisa sangat melampaui apa yang telah Anda lakukan.
Tapi apakah berwirausaha haruslah menjadi impian atau cita- cita semua orang, baru orang tersebut bisa dianggap berhasil?
Hal ini belum tentu benar. Di negara- negara maju, sering kali orang- orang sudah mengerti bahwa untuk mempunyai masa depan yang sukses, menjadi usahawan tidaklah menjadi hal mutlak yang perlu dilakukan, karena orang- orang sudah mengerti bahwa hal ini beresiko besar dan tidak semua orang mau mengambil resiko untuk menjadi seorang pebisnis. Sering kali pebisnis tidak bisa tidur lelap memikirkan bisnisnya, sedangkan karyawan bisa menikmati liburan dengan keluarganya karena bebannya tidak terlalu besar seperti pemilik usahanya dan dapat menikmati hidup yang bahagia dan layak.
Jadi meniti karir bisa jadi menjadi jawaban yang tepat jika Anda ingin mempunyai masa depan yang tidak terlalu pusing memikirkan bisnis dan tidak ingin mengambil resiko yang tinggi, mengorbankan apapun yang Anda punyai untuk usaha Anda. Menjadi karyawan tingkat managemen atas pun bisa menjadi impian yang bagus untuk dikejar. Anda layak untuk menjadi lebih baik dari hari ini dalam tangga karir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar