Kamis, 05 Juli 2012

Cara Mencari Modal

Modal adalah perlu bagi setiap usaha. Usaha apa saja. Harus pakai modal. Sedang Modal itu bisa berbentuk apa saja. Modal uang, Modal pengetahuan atau keahlian, Modal tenaga. 
Tanah, rumah, gudang, gedung adalah disebut atau digolongkan kedalam modal. Dokter, Insinyur, Arsitek adalah termasuk modal pengetahuan atau keahlian. Sedang buruh atau karyawan dan pelaksana adalah modal tenaga.
Yang kita maksud mencari modal disini adalah mencari modal (uang) secara praktis untuk memulai suatu usaha :
Onassis mengatakan : Bila anda tidak punya modal atau uang untuk berusaha. Carilah pinjaman dan jangan dalam jumlah yang kecil saja. Pinjamlah dalam jumlah yang besar sekalian. Jangan tanggung-tanggung dan takut-takut. Tetapi anda harus senantiasa mengembalikannya.
Henry Ford seorang raja mobil dari amerika mengatakan sebagai berikut : Bahwa bila memulai sesuatu usaha. Hendaklah mulai dari kecil, sekecil mungkin. Jangan cari penanam modal dengan saham. Jangan cari pinjaman dari Bank. Karena kedua-duanya itu adalah mencari susah dan mencekik leher kita sendiri nantinya.
Kelihatannya pandangan kedua milyader itu berbeda dan bertolak belakang. Tetapi sebetulnya, ditinjau dari segi tertentu mengandung persamaan. Mungkin tidak selalu, mereka-mereka yang berhasil itu seratus persen benar. Tapi bagaimanapun mereka sudah membuktikan. Bahwa mereka itu adalah orang-orang yang mampu dan berhasil mengumpulkan modal serta kekayaan dalam jumlah besar. 
Onassis mengatakan dan memberikan nasehatnya itu bagi orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang perdagangan atau usaha. Dan bagi orang yang sudah berpengalaman bekerja diperusahaan-perusahaan lain, yang ingin membuka usaha sendiri. Onassis tidak menunjukkan nasihatnya itu kepada orang-orang yang tidak atau belum berpengalaman sama sekali. Bukan untuk orang yang memulai dalam bidang perusahaan dan bisnis dengan tiba-tiba. Tapi adalah untuk orang yang telah berpengalaman.
Sedang bagi orang yang sama sekali belum berpengalaman. Mereka bisa memakai nasehat atau perkataan yang diberikan oleh Henry Ford. Henry Ford menujukan nasehatnya kepada orang-orang yang sama sekali belum berpengalaman dalam bidang usaha atau bisnis. Jelas bila dipandang dengan kacamata yang berlainan. Maka pandangan kedua raksasa bisnis itu adalah sama.
Dan kitapun bisa mempraktekkan sistem Henry Ford bila kita baru mulai dalam suatu usaha. Karena bila jatuh, dalam taraf mencari pengalaman dari permulaan kecil tersebut. Tidaklah parah sekali akibatnya.Sebaliknya kita akan melaksanakan sistem yang diajarkan oleh Onassis. Bila kita sudah mulai dengan memiliki pengetahuan dan pengalaman. Demi cepatnya mendapatkan keuntungan dan dalam jumlah yang besar. 
Cara lain dalam mencari dan mengumpulkan modal adalah :
  1. Dengan cara menabung dan menyisihkan sebagian dari penghasilan anda. Yang kemudian, apabila sudah memungkinkan segera membuka usaha. dengan tidak meninggalkan pencarian pokok anda dulu. Karena ini akan menopang usaha anda, disaat anda mengalami rintangan keuangan. 
  2. Kalau mungkin dari hasil atau gaji anda dikantor. Bukalah usaha kecil-kecilan dirumah sebagai usaha Home Productions. Bukalah kios dan sebagainya. Sisihkan gaji demi mendapat modal dan dapat anda tambah atau gabungkan dengan hasil tabungan anda tadi. Bekerjasamalah dan suruh istri anda mengurus cabang usaha, demi penghasilan tambahan bagi anda dan keluarga anda tersebut.
  3. Cara lain ialah apabila anda sudah mempunyai planning atau rencana yang matang. Yang mana anda sudah yakin, seyakin-yakinnya untuk diusahakan dan bakal menguntungkan serta berhasil. Tetapi anda beum atau tidak mempunyai modal untuk memulai dan membiayainya. Maka layangkanlah pandangan anda keseluruh isi rumah dan istri anda. Mungkin ada barang-barang yang berharga seperti Televisi, barang-barang perhiasan, perhiasan emas, perhiasan yang lain sebagainya. Yang mana kira-kira, dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman. Dan kalau perlu dijual dan dijadikan uang kontan sekalian. 
  4. Yang keempat, adalah dengan melihat adanya kemungkinan bekerja sama, dengan orang-orang atau dengan perusahaan-perusahaan yang berkapital. Anda disebut bonafit dan akan dipercayai selama ide dan planning anda termasuk masuk akal dan dapat dipertanggung jawabkan. Orang akan percaya menanamkan modalnya pada rencana anda. Dan mengenai keuntungannya, bila perlu dibagi dua. Tiada salahnya.
  5. Terakhir dengan cara bekerja keras. Mungkin juga kalau perlu pekerjaan yang kasar yang tidak sesuai dengan pendidikan anda. Tiada salahnya, yang penting anda mendapatkan modal. asal halal, dan jang an malu. Dan ingat hanya andalah yang bisa menolong diri anda sendiri. Percayailah diri anda dan kemampuan anda sendiri.
E book 'Rahasia kearah sukses mencari uang' ----- cara mencari modal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar