Senin, 09 Juli 2012

Pergunakan Iklan

Bila anda sudah memulai suatu usaha. Betapapun kecilnya pada taraf permulaan. Usahakanlah mempergunakan dan memanfaatkan sarana iklan. Jika perusahaan anda kecil pakailah iklan yang sesuai dengan kemampuan bayar perusahaan anda. Baru anda tingkatkan kepada sarana iklan yang lebih baik dan lebih mahal apabila perusahaan anda sudah mengijinkan untuk membiayainya. Yang penting adalah, Jangan anda abaikan atau anda tinggalkan iklan dalam anda berusaha.
Begitu pentingnya iklan sebagai alat penghubung : antara produksi dengan distribusi. Hubungan barang dengan pembeli. Memperkenalkan keadaan, kwalitas, guna dan harga dari suatu barang yang diproduksi. Sedang arti iklan yang lain adalah mempopulerkan / mengenalkan serta mempertahankan kepopuleran tersebut. Dan Sekian banyak arti lagi bagi iklan terhadap sebuah usaha atau perusahaan.
Ketahuilah bahwa iklan juga sebagai salesman tak langsung. Iklan dapat menggantikan salesman, disamping salesman-salesman yang terpakai lainnya. Bila perusahaan anda masih kecil, tentu saja anda tidak perlu memasang iklan yang mahal-mahal terlebih dahulu. Karena untuk menjaga supaya modal anda tidak terlalu banyak lari ke pembayaran iklan.
Memilih tempat pemasangan iklan yang cocok dan tepat adalah perlu dan menghendaki keahlian serta ketelitian juga. Supaya iklan yang dipasang mengenai sasaran. Suatu contoh : Anda bergerak dibidang suatu hasil produksi yang mutu dan harganya sengaja untuk kalangan rakyat kecil atau golongan menengah. Tapi anda memasang iklan pada radio, tidak didaerah yang kira-kira pembeli anda banyak. Anda memasang iklan anda di daerah-daerah elit. Sedangkan produksi anda sengaja dibuat untuk pasaran massal dan kelas menengah ke bawah. Tentulah hal itu keliru dan tidak menemui sasaran. Begitu juga dengan iklan yang disurat kabar dan majalah. Pasanglah iklan anda pada surat kabar atau majalah yang terbanyak oplah dan pembacanya. Yang kira-kira pembacanya adalah calon pembeli barang anda.
Jangan menganggap memasang iklan untuk mencari langganan adalah suatu hal yang sia-sia, dan membuang uang. Jangan mengira bahwa iklan bukan suatu teknik perdagangan yang baik. Orang-orang yang gagal dalam memasang iklan. Banyak menyalahkan iklan itu sendiri. Ah, percuma buang uang. Kata mereka. Padahal yang salah bukanlah iklan. Tetapi adalah cara menyusun redaktur yang tidak menarik. Dan cara pemakaian sarana yang tidak pada tempat dan daerahnya. Serta tidak belajar dan tidak menurut petunjuk-petunjuk orang-orang berpengalaman dibidang iklan.
Seseorang yang mengira membuat iklan. Tapi karena tidak memenuhi syarat periklanan. Ia sebetulnya hanya membuat pengumuman.
Ketahuilah, bahwa dunia periklanan sama juga dengan dunia lainnya. Perlu dipelajari dan ditekuni. Mempunyai teknik-teknik dan seni tersendiri.
Iklan yang baik mempunyai 3 syarat :
  1. Menyolok
  2. Menarik
  3. Memikat
Mempunyai daya keterangan singkat, padat mengenai sasaran yang dituju tentang barang yang diiklankan.
  • Membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu
  • Membuat orang yang telah tahu menjadi langganan
  • dan membuat langganan menjadi tetap
Sebetulnya setiap hari dan dimana-mana kita selalu berhadapan dengan iklan. Dan mata kita setiap harinya tidak luput dari melihat iklan secara tidak disadari. Perempuan berbedak, berlipstik, bersisir yang rapi, berpakaian yang bagus-bagus dan berwangi-wangian dan sebagainya. Sebetulnya adalah termasuk iklan juga. yaitu iklan bagi dirinya sendiri. Agar dirinya dibilang cantik, bagus dan baik. atau juga mungkin supaya dirinya cepat laku atau dapat jodoh atau sekedar tertarik untuk berkenalan dengan dirinya.
Setiap orang dengan tak disadari sebetulnya sudah mengiklankan dirinya, dengan arti dan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kehendak masing-masing individu. Lalu bagaimana dengan iklan untuk perusahaan kita yang lebih penting atau tidak kalah pentingnya dengan promosi diri sendiri itu ? Masih tidak yakinkah anda ?

sepenggal kata-kata :
  • Seorang yang Kikir selalu merasa Kekurangan
  • Saya bukan pemimpin kalau saya tidak berani menderita kesengsaraan dan menghadapi resiko, serta mengambil keputusan dengan cepat
  • Roma pun dibangun tidak dalam satu hari
  • Tiada Negara yang runtuh karena Perdagangan
  • Bocor yang kecil dapat menenggelamkan kapal yang besar
 
E book 'Rahasia kearah sukses mencari uang' ----- Pergunakan Iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar